Monday 22 December 2014

Rajin Nulis di Blog? Buat Apa? (2nd Anniversary)


Rajin Nulis di Blog? Buat Apa? (2nd Anniversary)
Tidak terasa ternyata sudah dua tahun saya nge-blog. Walaupun sebenarnya saya sudah tertarik didunia blog ini sejak di bangku SMA. Berbagai macam nama dan platform sudah saya jajaki. Tapi yah namanya remaja labil, serba tidak jelas. Selesai membuat satu blog dan merasa ada yang lebih baik, cepat-cepat berubah haluan.

Akhirnya dua tahun lalu, saya berfikir untuk bisa konsisten pada sebuah blog saja. Waktu itu masih semester awal saya kuliah. Dari sana saya belum memiliki gambaran blog seperti apa yang akan saya buat. Di semester 3, saya mulai dekat dengan seorang teman, namanya Chairil. Laki-laki dengan perawakan tinggi berkulit gelap ini sebenarnya sudah lama saya mengenalnya. Selama setahun kebelakang saya mengenalnya hanya sekedar teman sekelas, tak lebih. Sampai akhirnya sebuah diskusi mengantarkan kami untuk lebih mengenal satu sama lain. Ceritanya hari itu selepas kuliah dia asyik dengan laptopnya, tak sengaja saya bertanya "lagi ngapain?", "Lagi nulis blog nie" jawabnya. "Wow, jago nge blog juga ya..!" tanyaku antusias. "Enggak, cuma bisa dikit".

Nah, dari diskusi kecil itu, akhirnya kami membentuk sebuah komunitas blog. Waktu itu kami merintisnya dengan beranggotakan tiga orang. Saya, Chairil dan Andika. Kami bertiga berada di unit yang sama.

Sebenarnya blog ikhwangrafis.blogspot.com, sudah dibuat sebelum tanggal 22 Desember 2012. Namun saya menghitungnya sebagai sebuah kelahiran blog sebagai awal mulai postingan pertama (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2012/12/download-adobe-master-cs6.html).

Boleh jadi akibat sering berkumpul dengan orang yang memiliki hobi yang sama, minat dan konsistensi saya untuk terus menulis di blog semakin bertambah. Bahkan diawal-awal saya sempat mereview beberapa buah buku yang telah habis saya baca (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2013/01/stop-belajar-kalau-ingin-pintar.html dan http://ikhwangrafis.blogspot.com/2013/02/mengetahui-karakteristik-orang-lain.html). Waktu itu bahkan saya mampu membuat tiga tulisan dalam sehari.

Dalam perjalanannya, lika-liku nge-blog menjadi makanan sehari-hari. Saya pernah hanya menulis sebuah tulisan dalam sebulan bahkan dalam 2 tahun ini ada satu bulan yang kosong dari postingan. Berulang kali mengganti template, tak puas dengan yang satu saya cari yang lain, Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membeli template dengan harga 200 ribu. Setelah saat itu saya tak menggantinya lagi.

Tapi dari berbagai macam suka dan duka nge blog. Saya mendapat banyak pelajaran. Salah satunya adalah konsistensi.

Sebelum saya mempunyai blog, saya sama sekali tak mampu untuk bertahan menulis hingga dua bulan. Tapi 2 tahun terakhir ini ternyata saya sudah memiliki konsistensi itu. Setiap bulannya saya menargetnya minimal ada 3 postingan yang saya masukkan ke blog. Sampai saat ini saya bersyukur karena belum pernah putus dalam memposting tulisan.

Selanjutnya, Menebar manfaat untuk orang lain.

Saya tidak tahu pasti seberapa besar pengaruh blog saya untuk banyak orang. Tapi yang menjadi landasan saya mengatakan hal tersebut adalah melalui statistik pengunjung. Setidaknya 100 kali rata-rata view dari blog ini. Saya pikir untuk seorang pemula, ini jadi awal yang baik. Apalagi content dari blog ini didominasi oleh pembelajaran, khususnya desain grafis. Saya juga pernah mendesain sebuah kartu hafalan untuk siswa saya dan menguploadnya disini (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2014/11/download-kartu-hafalan-bahasa-arab-mtsn.html)

Manfaat lainnya adalah melatih kemampuan menulis

Bisa dibilang dulunya saya orang yang tak cukup pintar untuk merangkai kata. Bahkan dalam penulisan saya sering melakukan Typho (Kesalahan mengetik). Tapi dibanyak pengalaman menulis di blog, saya banyak belajar tentang menulis. Terlebih saya bergabung di sebuah organisasi kepenulisan FLP (Forum Lingkar Pena), Saya diajarkan banyak teknik dalam menulis. Dan salah satunya adalah teknik menulis di blog. (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2014/04/keluarga-itu-bernama-flp-memoar.html)

Blog jadi sarana untuk ikut berpartisipasi dalam lomba

Jika anda adalah pencari informasi tentang banyak lomba. Pastilah anda akan banyak menemukan lomba blog. Kompetisi blog dewasa ini menjadi kompetisi yang banyak digandrungi. Termasuk saya. Bukan hanya tingkat nasional, kompetisi blog bahkan ada di tingkat kampus. Saya sendiri telah mengikuti beberapa lomba blog walaupun hasilnya belum kelihatan. (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2014/11/ekspektasi-ar-raniry-di-tahun-2025.html dan http://ikhwangrafis.blogspot.com/2014/04/museum-eksotis-yang-sarat-dengan.html)

Menjadi storage (data penyimpanan)

Tahun 2013, laptop saya hilang dicuri. Lantas setelah membeli laptop baru saya kebingungan dengan data-data yang ada di laptop sebelumnya. Lama saya berfikir, untunglah datanya ternyata masih ada di salah satu postingan. Ada juga tugas kuliah yang waktu disuruh untuk mereview sebuah buku. Karena ternyata saya sudah memostingnya, saya hanya tinggal copy paste saja. Satu lagi, kadang saya tak ingat nomor rekening yang saya miliki. Dan pasti saya akan mencarinya disalah satu postingan (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2012/12/pesan-vektor.html)

Nah, selanjutnya adalah tempat promosi barang dan jasa.

Beberapa kali saya di sms oleh orang yang tak dikenal. Ternyata orang yang ingin menggunakan jasa saya. Saat ditanya dari mana dapat nomor saya. Dia mengatakan dari blog. Tak tanggung-tanggung ada yang dari surabaya, tangerang lampung dll. Jadi untuk anda yang punya jasa atau barang yang bisa di jual, blog adalah media promosi yang tepat.

Terakhir, Media menumpahkan Isi Hati (Curhat)

Walaupun saya tak pernah menulis yang bersifat pribadi atau yang berbau kegalauan, tapi blog memang jadi sarana untuk itu. Maka tak heran kita akan banyak menemukan tulisan seseorang tentang masalahnya. Dari semua tulisan, saya telah menulis 100 target saya di blog ini. (http://ikhwangrafis.blogspot.com/2014/04/100-impian-dream-comes-true.html) dan inilah isi hati saya. Dan menariknya saya sempat menunjukan tulisan ini dikelas waktu saya mengajar. Dan mendapat respon yang positif.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari nge blog. Jadi untuk anda tak perlu bertanya "Rajin nulis di blog? Untuk Apa? karena semua jawabannya sudah saya paparkan diatas. Tak perlu diragukan lagi  nge-blog itu aktifitas positif bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Harapan saya di ulang tahun kedua ini. Semoga pengunjung blog ini bertambah banyak. Postingannya juga semakin bertambah, Dan yang yang terpenting bisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

8 komentar:

  1. Kunjungi juga blog saya ya? :D :)

    Saya Mahasiswa UIN Ar-Raniry jugak,
    jurusan Teknik Lingkungan

    http://afffileshare.blogspot.com

    trims

    ReplyDelete
  2. wow... thanks, saya baru tau manfaat rajin nulis di blog.....

    ReplyDelete
  3. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan??

    ReplyDelete