Monday 4 February 2013

Mengetahui Karakteristik Orang Lain

Mengetahui Karakteristik Orang lain

Oleh Muhammad Ahmad Al-Aththar

Membaca psikologi dan  karakteristik dasar manusia akan menempatkan si pembaca berada dihadapan harta karun ilmu pengetahuan. Semua itu akan memberikannya kunci solusi dalam memecahkan berbagai masalah, disamping membuatnya mudah untuk berkomunikasi.
Yang lebih penting dari itu semua, membaca psikologi dan karakteristik dasar manusia akan membuat seseorang jauh lebih bisa memahami orang lain dan lebih mampu membantu dan mengubah diri mereka ke arah yang lebih baik. Marilyn Vos Savant mengatakan, " Untuk memperoleh pengetahuan seseorang harus belajar; dan untuk memperoleh hikmah, seseorang harus mengamati.

Empat pertanyaan yang menetukan karakteristik seseorang
Sisi pertama : Bagaimana seseorang memperoleh kemampuannya?

1. Extroverted ( Membuka diri kepada dunia )

- Sifat-sifat utama 
Sebagaimana tergambar jelas dari namanya, yaitu 'membuka diri pada dunia', kepribadian ini akan selalu membuka diri dan menerima orang lain, menyukai perkenalan dan pertemanan. Oleh karena itu ia memiliki banyak teman dan jaringan luas, selalu riang ditengah-tengah orang, dan kemampuannya selalu berada diatas rata-rata banyak orang. Ia enggan untuk duduk sendiri, tidak suka menyendiri. Ia selalu memulai pembicaraan dan berkenalan dengan orang lain.

- Keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Mudah berkenalan dengannya
Membangun hubungan yang erat dengannya sangatlah mudah. Mengingat dirinya sangat menyukai dirinya menyukai perkenalan dan bersikap terbuka terhadap orang lain, kita akan bisa dengan mudah dan cepat untuk membangun hubungan yang erat.

2. Mudah memahaminya
Ia terbuka, tidak mempunyai rahasia. Terkadang diawal pertemuan ia akan menceritakan semua kisah hidupnya dan semua rahasia rumahnya. Hal itu tentu saja bisa membantumu memahaminya lebih cepat.

3. Mudah menariknya untuk mengikuti aktivitas-aktivitas sosial.
Anda akan mudah mengajaknya, misalnya kesebuah resepsi atau perayaan. Sebab, ia suka berkenalan dan bergaul dengan orang banyak. Oleh karena itu, ia akan mudah menerima ajakan pergi ke aktivitas-aktivitas sosial.

- Tantangan-tantangan yang harus diatasi
1. Mudah terpengaruh orang lain
Biasanya, teman-temannya selalu bisa mempengaruhinya. Terkadang pertemanannya bersifat negatif, dan karenanya mereka akan mengarahkan dirinya ke hal-hal negatif. Biasanya juga ia akan membela mati-matian teman-temannya karena karakternya yang memang berjiwa sosial. Demikianlah untuk dapat mempengaruhinya, anda harus menjauhkannya dari pengaruh-pengaruh negatif ke pertemanan positif.

2. Anda harus selalu ada untuknya
Kepribadian ini tidak suka duduk sendirian atau berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, agar bisa membangun hubungannya dengan kuat, anda harus menghabiskan waktu lama untuk bersamanya agar bisa menjadi salah satu orang penting didalam hidupnya. Pribadi seperti ini memegang ungkapan, " jauh dimata, jauh pula dihati". Untuk itu anda harus sebisa mungkin selalu ada untuknya.

3. Labil
Ia bisa duduk bersama anda sepanjang malam; menangis, menyesal dan bertekad bulat untuk bertobat. Tapi dihari berikutnya, ia bisa duduk bersama teman-temannya di cafe atau bar. Seperti disinggung diawal kepribadian ini sangat mudah terpengaruh oleh dunia luar. Jadi, dihari-hari pertama anda harus selalu mengawalnya ketat, menemaninya dan tidak memberi kesempatan untuk kembali lagi ke komunitas yang buruk. Jika ini dilakukan, ia akan merasa tenang, nyaman dan mulai terbiasa dengan komunitas barunya yang lebih baik.

2. Introverted ( Memikirkan diri sendiri)

-Sifat-sifat utama
Sangat tenang, tidak pernah berbicara kecuali saat ditanya, tidak memulai perkenalan, temannya sangat sedikit sekali, tidak suka nongkrong bersama orang banyak, terkadang menghadiri satu pertemuan dan tak seorang pun yang merasakan kehadirannya, Lebih suka duduk sendiri tanpa teman, lebih suka berdiam diri di rumah, merasa memiliki kemampuan paling tinggi.

- Keunggulan-keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Tenang dan Santai
Pribadi ini sangat tenang dan santai. Ini bisa memberi anda keleluasaan untuk bergaul dan berinteraksi dengannya. Slogan anda disini adalah, " jika aku tidak bisa melakukan sesuatu padanya hari ini, aku harus bisa melakukannya besok".

2. Tidak banyak teman
Tidak banyak teman disekitarnya. Hal ini tentu memberi anda kesempatan luas untuk bisa duduk bersama dan menguatkan hubungan.

3. Lamban
Ia terkadang lamban untuk menerima apa yang anda katakan. Tapi, jika sudah diterima, apa yang anda katakan tadi akan lebih menancap kuat dan akan dipegang lebih erat. Jika sudah mengambil satu keputusan, biasanya ia takkan mudah melepsnya.

- Tantangan-tantangan yang harus diatasi
1. Sulit memahaminya
Karakter yang kolot akan membuatnya selalu menjaga rahasia-rahasia pribadinya. Jadi, anda akan sulit memahami dirinya secara mendalam. Untuk mengatasi masalah ini, anda butuh waktu untuk membangun kepercayaan dan waktu untuk mendengarkan dirinya sampai anda bisa memahaminya secara utuh.

2. Sulit membangun hubungan dengannya.
Tidak mudah membentuk persahabatan bersama orang yang hanya mengenal satu dua orang saja semenjak remaja. Bagaimana mungkin ia mau menerima anda sebagai temannya dalam satu hari? ! Jadi anda mungkin memerlukan waktu untuk membangun hubungan yang kuat dengannya.

3. Sulit mengajaknya mengikuti aktivitas-aktivitas sosial.
Ia lebih menyukai aktivitas pribadi atau aktivitas antara diri anda dan dirinya saja. Ia biasanya malu dan terganggu ketika harus berkenalan dengan orang-orang baru tau bergaul bersama orang banyak. Jadi, anda harus sabar menghadapinya, pelan-pelan berinteraksi dengannya, dan langkah demi langkah.

4. Tidak suka bergaul
Anda hendaknya tidak menghabiskan banyak waktu dengannya. Jangan pernah membuatnya terlambat pulang kerumah. Pribadi seperti ini suka menghabiskan waktunya seorang diri, bagaimana pun keadaan diri dan suasana hatinya. Duduk dan bebicara lama dengannya terkadang membuatnya merasa terganggu, bahkan akan menghindar darimu jika anda terus memaksanya.

Sisi Kedua: Bagaimana seseorang menerima pengetahuan dari luar?

1. Sensor
- Sifat-sifat utama
Menerima pengetahuan melalui panca indra, mempercayai apa yang dilihatnya, ingin membuktikan pengetahuan, ingin memgang sesuatu dengan kedua tangannya, hanya sibuk dengan pesoalan-persoalan cabang saja, hanya memikirkan apa yang ada dibawah telapak kakinya dan tidak pernah melihat kedepan.

- Cara berinteraksi dengannya
1. Saat berhasil meyakinkannya tentang suatu hal, jelaskan padanya faedah-faedah hal-hal tersebut saat itu juga, yaitu konsekuensi-konsekuensi logisnya diwaktu lain.

2. Berilah dirinya pengetahuan-pengetahuan secara detail. Buatlah dirinya merasa melihat dan merasakan sendiri pengetahuan itu.

2. Intuitive
- Sifat-sifat utama
Menerima pengetahuan dari intuisi, konsepsi dan imajinasi, sering berimajinasi, selalu melihat kedepan, sibuk memikirkan persoalan-persoalan secara umum dan universal, sangat menginginkan kreasi dan inovasi, dan sering mempunyai pikiran-pikiran baru.

- Cara berinteraksi dengannya
1. Saar berhasil meyakinkannya tentang sesuatu hal, jelaskan kepadanya dampak-dampak dari hal tersebut pada lain waktu.

2. Ia terkadang cenderung berfilsafat dan berdebat lebih dari sewajarnya, dan tidak mau mengubah perkataan menjadi aksi konkret. Pada kondisi seperti ini, ubahlah perkataan menjadi aksi konkret dan berfokuslah pada cara eksekusi aksi tersebut bersamanya.

Sisi ketiga: Bagaimana seseorang mengambil keputusannya?

1. Feeler
- Sifat-sifat utama
Mengambil keputusan berdasarkan perasaan dan ego, dengan hati dan bukan dengan akal, sangat sensitif terhadap orang lain, selalu menjaga perasaan mereka, sangat terpengaruh oleh suasana hati dan perasaan, membutuhkan orang lain yang mau mengungkapkan perasaan mereka kepadanya.

- Keunggulan-keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Mudah menguasai dirinya dan membentuk hubungan yang kuat bersamanya. Untuk itu, anda harus menampakkan perhatianmu terhadapnya, mengungkapkan perasaan anda kepadanya, dan membuatnya merasa bahwa anda mencintainya.
2. Mudah memengaruhi dirinya. Buatlah perkataanmu lebih kental berisi perasaan dan hati. Jadi, ketika hendak bersepakat dengannya atas sejumlah prinsip, pilihlah prinsip-prinsip yang lebih menyentuh perasaan, seperti prinsip mencintai Allah dan mencintai Rasulullah.
3. Mudah menuntunnya karena ia mengambil keputusan  dengan perasaan. Oleh karena itu, jika anda berhasil mendapatkan cintanya, ia akan berjalan dibelakangmu dan menyetujui perkataanmu.

- Tantangan-tantangan yang harus diatasi
1. Sangat sensitif
Ia sangat sensitif atas setiap kritik, tatapan mata yang tajam, kata-kata kasar, dan semua hal yang bisa melukai perasaannya. Jika anda melukai perasaannya, ia akan melampiaskan luka hatinya ka arahmu, atau malah bisa jadi sebaliknya. Ini karena dirinya mengambil keputusan berdasarkan perasaan, sementara perasaan itu labil dan bisa berubah sangat cepat.
2. Mudah dipengaruhi orang lain
Sebagaimana perasaan yang mudah tersentuh, orang lain pun juga sangat mudah mempengaruhinya, terlebih lagi jika dirinya suka bergaul, ia akan mudah tersentuh oleh perasaan orang tuanya, keluarga dekatnya, dan teman-temannya bahkan ketika mereka mendorongnya untuk melakukan perbuatan haram sekali pun.

2. Thinker
- Sifat-sifat utama
Mengambil keputusan berdasarkan logika, bukan perasaan dan cinta. Tidak terlalu sensitif. Oleh karena itu ia tidak akan merasa bersalah saat menyakiti atau melukai perasaan orang lain. Ia hanya ingin mengatakan kebenaran, meskipun dengan cara-cara yang tanpa disadarinya telah melukai hati dan perasaan orang lain.

- Keunggulan-keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Selalu mengambil keputusan berdasarkan pemikiran. Setiap menyukai sesuatu dan menginginkan itu, ia pasti akan meraihnya. Ia pun tidak mudah terpengaruh orang lain, terlebih jika dirinya tidak suka bergaul dan tertutup.
2. Keutungan bersama adalah prinsip utamanya. Jadi, hubungan anda dengannya harus berpijak pada prinsip ini, prinsip saling mnguntungkan. Jika hanya berupa hubungan cinta dan perasaan , baginya itu hanya membuang-buang waktu.
3. Baginya keutungan bukan hanya berbentuk materi, melainkan juga keimanan atau keuntungan ilmiah.

- Tantangan-tantangan yang harus dihadapi
1. Saat dirinya merasa bahwa tidak ada lagi keuntungan yang bisa didapat dari hubungannya dengan anda, ketahuilah hubungan anda dengannya telah berakhir. Oleh sebab itu, buatlah buatlah hubungan dengannya berdiri diatas keuntungan berkelanjutan dan terus-menerus.
2. Lenih sulit dikuasai dan disetir. Untuk menguasai dirinya, tidak hanya membutuhkan perasaan dan hubungan yang kuat, meskipun itu semua sangat penting, tapi juga dirinya harus bisa memperoleh keutungan dan manfaat dari pertemanan dengan anda.
3. Suka mengkritik. Terkadang anda akan menerima kritikan atau kata-kata pedas darinya. Ia juga bisa menentang keras pendapatmu dan menyanggah perkataanmu. Oleh sebab itu, anda harus bersabar dan tetap mengasihinya, lalu membangun asas-asas kesepakatan dan saling pengertian yang kuat sampai dirinya mau menerima sudut pandang anda.

Sisi keempat: Bagaimana seseorang berinteraksi dengan dunia disekitarnya?

1. Perceiver
- Sifat-sifat utama
Suka beradaptasi diberbagai situasi dan kondisi, tidak suka mengendalikan situasi, suka mebiarkan pilihan tetap terbuka didepannya, tidak suka mengambil keputusan dan memilih menundanya hingga waktu terakhir, dan jika bisa membuat orang lain mengambil keputusan maka itu akan dilakukannya.

- Keunggulan-keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Mudah mempengaruhi dan mengubahnya karena ia suka beradaptasi dengan perubahan-perubahan baru. Oleh sebab itu, ia bisa berubah cukup cepat.
2. Mudah mengarahkannya karena menunggu orang yang akan menuntunnya ke berbagai tujuan dan membantunya mengambil keputusan. Oleh sebab itu, ia akan merasa senang jika dituntun dan diarahkan, terlebih lagi jika dirinya seorang yang suka bergaul.
3. Terbukanya pilihan didepannya akan memudahkan anda dalam memberinya pilihan  menurut keinginan anda. Ia pun akan senang menerimanya dan akan membuang pilihan-piliahn lain.
4. Mudah mengendalikan waktunya. Sebab, penguasaanya atas waktu sebenarnya lemah, selain tidak bisa menggunakannya secara baik.

- Tantangan-tantangan yang harus diatasi
1. Peragu
Tidak suka menentukan atau memilih keputusan paling tepat karena selalu khawatir jika pilihan yang diambilnya salah. Apabila anda membiarkannya tetap seperti ini, ia mungkin akan terus menjadi orang yang selalu peragu, diantar 2 pilihan disepanjang hidupnya. Jadi, anda harus membantu dan memotivasinya agar mau menentukan keputusan yang tepat dan menenangkanya.
2. Suka memulai aktivitas tapi tidak pernah menyelesaikannya. Pribadi ini suka memulai aktivitas baru, tapi setelah beberpa lama menjadi bosan dan lalu memutuskan untuk beralih ke aktivitas lainnya.

2. Judger
- Sifat-sifat utama
Suka mengedalikan semua hal, tegas dalam mengambil keputusan dan tidak menundanya, tida suka membiarkan pilihan tetap terbuka, suka pilihan-pilihan yang jelas dan pasti. Tidak suka menunda-nunda apapun, tidak teledor, rapi, kamar dan kantor nya tertata rapi.

- Keunggulan-keunggulan yang harus dimaksimalkan
1. Tidak ragu-ragu ketika sudah meyakini sesuatu, mengambil keputusan yang tepat dengan tegas dan tanpa kompromi.
2. Suka mermpungkan aktivitas atau pekerjaan. Setiap memulai aktivitas, ia akan terus mengerjakannya hingga selesai.
3. Memiliki sisi-sisi kepemimpinan yang bagus. Keputusannya dalam mengambil keputusan membuat orang lain menghargainya dan berjalan dibelakangnya. Oleh sebab itu, sebagian besar pemimpin biasanya memilki sifat ini.

- Tantangan-tantangan yang harus di atasi
1. Memiliki keputusan-keputusan awal
Ketika berinteraksi lama dan ingin membuatnya berubah, anda akan mendapati bahwa penerimaannya atas perubahan itu jauh lebih sulit. Ini karena dirinya, memilki keputusan-keputusan awal yang ingin diwujudkan terlebih dahulu. Jadi, ada penentangan untuk berubah.
2. Sibuk sekali
Mengingat dirinya mempunyai tujuan tujuan pasti yang ingin diwujudkan dalam waktu yang pasit pula, maka tentu saja sangat sulit baginya untuk menambah lagi aktivitasnya dengan aktivitas-aktivitas baru.

(Muhammad Ahmad Al-Aththar, The magic of Communication, hal 214-240)

0 komentar

Post a Comment