Sunday 18 May 2014

Cara Memasang Jam di Blogger

Gadget yang satu ini mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak penting. Tapi untuk kamu yang ingin memiliki tambilan blog yang menarik, apa salahnya untuk memasang gadget ini.

Cara Menambahkan Jam di Blogger itu sangat mudah. Tidak sesusah apa yang difikirkan.

Tapi memang jika kesulitan dalam proses pembuatannya, mungkin artikel ini menjadi bahan rujukan untuk anda, Bagaimana Cara Menambahka Jam di Blogger.

Tutorial ini merupakan tutorial original yang saya buat, tidak ada unsur plagiatisme. Jadi jika anda menemukan tutorial yang serupa, mungkinn dia adalah salah satu plagiator atau fans berat saya.. ckckckck

Oke. Untuk lebih detailnya, langsung saja kita ke TKP.....

1. Langkah pertama, silahkan buka http://www.clocklink.com/.


2. Pada bagian sisi kiri website, terdapat beberapa kategori jam yang bisa anda pilih. Pilihlah sesuai dengan apa yang anda inginkan.


3. Setelah memilih kategori jam, anda akan diarahkan pada beberapa variasi pilihan sesuai dengan kategori yang anda pilih. Sekali lagi, pilihlah mana yang paling anda sukai, kemudian tekan "View HTML Tag" yang berada tepat dibawah setiap option jam.


4. Kemudian, ada beberapa ketentuan yang mesti anda ketahui (padahal saya juga gak tahu apa maksudnya), yang jelas anda harus memilih "Accept" untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.


5. Di tahap ini anda akan memasuki menu setting jam anda. Pertama, anda bisa menentukan warna untuk jam yang anda pilih. Kedua, anda diminta untuk memilih hitungan waktu yang tepat sesuai dengan daerah anda "Select by Timezone". Sekedar informasi, untuk indonesia, hitungan waktunya itu berdasarkan ibukota Jakarta yang di hitung GMT +07.00. Tapi jika anda bingung anda bisa memilih option yang ada disebelahnya "Select by City", dengan cara itu anda bisa langsung memilih negara dan kotanya, tanpa harus memikirkan selisih waktu dengan GMT. Ketiga anda diminta untuk menentukan ukuran jam yang anda pilih.



6. Langkah selanjutnya, Silahkan "Copy" Script/kode yang ada dibawah, Blok dulu kodenya klik kanan baru pilih Copy. *Jika kode pada kotak pertama tidak berhasil, disarankan untuk anda memilih kode yang kedua, tapi tetap yang diprioritaskan pada kotak pertama.


7. Sekarang, silahkan anda buka blog anda. Setelah sampai di dasboard, pilih "Tata Letak".


8. di "Tata Letak", Pilih "Tambahkan Gadget". Untuk letak jamnya sendiri anda bisa menyesuaikan dengan tampilan blog yang anda miliki. Disarankan untuk memilih sidebar atau footer (Seperti punya saya).


9. Maka akan muncul sebuah kotak dialog yang berisi banyak gadget. Pilih "HTML/JavaScript".


10. Setelah memilih "HTML/JavaScript", maka akan muncul sebuah kotak dialog untuk mengisi gadget ini. Disini terdapat kolom "Judul", anda bisa mengisinya atau tidak terserah keinginan anda. Kemudian untuk kolom konten. Anda wajib mengisinya. Masih ingat Script/kode yang anda "Copy" tadi?. Nah, sekarang silahkan "Paste" di kolom konten ini. Tekan CTRL+V atau Klik kanan pilih paste. Setelah selesai, silahkan anda simpan.


11. Dan taraaa! saat anda membuka blog kesayangan anda. Sebuah jam keren sudah terpampang disana. Bagaimana sangat mudah kan.


Oke, Begitulah Cara Memasang Jam di Blogger, Semoga tutorial ini bermanfaat. Jangan lupa untuk memberi komentar dibawah dan terus berkunjung di blog saya.

3 komentar:

  1. mantap infonya sob, jadi nambah ilmu tentang blogger nih. izin praktek ya :)

    ReplyDelete
  2. wah bisa design sendiri ya, keren mas..

    ReplyDelete