Monday 28 April 2014

Museum Eksotis Yang Sarat Dengan Kenangan

Jika anda  ke Banda Aceh, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Museum Tsunami.

Menjadi satu-satunya Museum yang ada di Indonesia tempat mengenangnya peristiwa tsunami Aceh yang terjadi 26 desember 2004 silam.

Berikut pengalaman saya, saat berada di Museum ini.

Diawal, anda akan disambut dengan sebuah kalimat bertuliskan "MUSEUM TSUNAMI ACEH". Berdiri gagah tepat didepan bangunan museum. Bagi anda pengendara motor, anda akan diarahkan untuk parkir didepan tulisan berwarna biru itu, oleh sang juru parkir.


Saat akan masuk, anda diwajibkan untuk menitipkan tas di tempat penitipan. Setelah itu akan berjalan di bagian kanan museum untuk menyusuri berbagai tempat yang ada disana. Sebelum memasuki ruangan, anda akan melihat sebuah bangkai helikopter, yang menjadi bukti akan keganasan tsunami Aceh.





Setelah berjalan lurus, anda akan memasuki lorong gelap dengan air yang mengalir pada dindingnya. Ruangan ini cukup sejuk, sehingga membuat kita merasa nyaman saat berjalan disepanjang jalan ini. Ada pengalaman tersendiri saat anda berjalan dilorong  gelap ditemani suara air yang mengalir disekitar dindingnya.





Selanjutnya tibalah anda memasuki sebuah ruangan yang dipenuhi dengan monitor. Dimana monitor tersebut menampilkan foto-foto hasil dokumentasi korban pasca tsunami. Jika melihat ruangan ini saya seolah bernostalgia dengan tragedi tsunami 10 tahun silam.





Setelah berjalan lurus kedepan, disebelah kiri anda akan menjumpai sebuah ruangan bundar yang tidak terlalu luas. Disekitar dindingnya terdapat banyak nama. Tidak lain adalah nama-nama korban tsunami. Uniknya lagi, saat anda memandang ke atas, maka akan terlihat lafadz 'Allah' yang menjulang tinggi diatas ruangan.





Tunggu dulu, yang barusan anda lewati itu baru dilantai pertama. Selanjutnya setelah melewati jalan yang berkelok-kelok, anda akan mendapati sebuah tangga yang akan mengantarkan pengunjung museum untuk naik kelantai selanjutnya. Disini anda akan melihat kolam dengan batu-batu bulat yang berada ditepinya. Belum cukup sampai disitu, anda akan terkesima pada langit-langit yang berada diatas tangga tersebut. Bendera dari berbagai negara terpampang diatas sana. Dan menjadi bukti solidaritas negara lain akan bencana akbar ini.

Saat tiba dilantai atas. Mata anda akan ditarik oleh uniknya dinding museum. Itu merupakan peta provinsi Aceh, yang terdiri dari Ujung pantai barat selatan hingga Ujung ke perbatasan dengan provinsi Sumatera Utara. Oh iya, Museum ini sudah terkenal hingga manca negara loe. Buktinya saat saya datang kesana, ternyata banyak turis yang berasal dari Malaysia, juga datang untuk berkunjung. Hebat kan !




Sudah puas melihat peta provinsi Aceh, Anda bisa melanjutkan perjalanan. Dirute selanjutnya anda menemukan ruangan-ruangan bersejarah, dan tentu tetap bertemakan tsunami Aceh. Salah satu ruangan juga menampilkan miniatur  museum tsunami Aceh. Benar-benar keren !






Jika dibawah tadi anda belum puas melihat foto-foto melalui monitor. Dilokasi ini anda akan benar-benar melihat hasil jepretan kondisi pasca tsunami yang asli. Di ruangan dengan desain interior yang menarik ini, pengunjung akan merasakan atmosfir yang berbeda. Seolah dihadapakan pada kondisi ketika bencana itu terjadi. 





Selain itu, ada juga beberapa replika lain terkait tsunami di Aceh. Misalnya replika kapal LPTD Apung yang ada di gampong Punge. Replika ini menggambarkan bahwa tidak ada benda yang mampu membendung kedahsyatan tsunami tersebut. Benda dengan berat berton-ton saja bisa rusak seperti itu, konon lagi manusia yang beratnya hanya puluhan kilo. 




Tidak hanya kumpulan foto dan replika, disisi lain ruangan terdapat sebuah alat yang berfungsi sebagai alat pengukur gempa. Seismograf namanya. Jika kita sering mendengar bahwa gempa mempunya kekuatan 8,4 SR atau lebih. Maka hasil itu diperoleh melalui seismograf ini. Selain alat pengukur gempa terdapat juga benda lain yang masih behubungan dengan ilmu kebumian.





Benda unik lainnya adalah ruangan simulasi gempa. Mungkin bagi anda yang belum pernah merasakan gempa, ruangan ini menjadi tempat yang cocok untuk anda. Pasalnya anda akan benar-benar merasakan sensasi gempa yang sebenarnya jika memasuki ruangan ini. Coba saja jika tidak percaya.






Jika anda mempunyai cita rasa seni yang baik. Maka ruangan yang satu ini menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menikmati beberapa karya lukis yang sarat akan makna. Salah satunya adalah lukisan abstrak yang satu ini. Penuh dengan cerita. Lagi-lagi anda disuguhi dengan atmosfir bencana tsunami namun dalam sudut pandang yang berbeda.





Dan setelah lama berjalan, akhirnya anda sampai dilantai teratas. Dilantai ini terdapat beberapa ruangan diantaranya perpustakaan dan tempat penjualan souvenir. Jika anda tertarik untuk membawa pulang aksesoris atau hanya sekedar membaca buku, maka tidak ada salahnya untuk memasuki 2 ruangan tersebut. Dan itu akhir dari pertualangan anda di Museum Tsunami Aceh.




Satu lagi, supaya anda tidak kecewa. Anda harus melihat jadwal museum ini buka. Jangan sampai, ketika anda datang, museum dalam keadaan tertutup. Apalagi bagi anda yang berada jauh dari Aceh. Semoga info ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk tetap berwisata ke Banda Aceh. Masih banyak tempat eksotis nan indah yang patut anda kunjungi.


108 komentar:

  1. nice article, dude

    ReplyDelete
  2. thaks ya.. ini siapa? kok anonymous?

    ReplyDelete
  3. Jadi warga Banda Aceh rasanya menyesal kalo tak sempat2 main ke museum tsunami. Minimal adalah refreshing ke sana barang 1 kali dlm sebulan #sedih

    ReplyDelete
  4. benar sekali.. setidaknya museum itu untuk tempat bermuhasabah.

    ReplyDelete
  5. nice article.....
    jadi pengen liat kemegahan Nangroe Aceh Darussalam....
    dulu waktu bencana melanda, sempat terbersit niat untuk ikut mendaftar menjadi relawan, tapi karena restu dari ibu tidak didapat, akhirnya g jadi berangkat menjadi relawan di Aceh....

    ReplyDelete
  6. makasih bang..

    Walaupun itu 10 tahun yang lalu.. tapi setidaknya tsunami menjadi bekas yang mendalam buat masyarakat aceh...

    ReplyDelete
  7. Museum tsunami Aceh ini, sangat menggambarkan suasana masyarakat Aceh ketika dilanda tsunami,, ini merupakan karya yg paling fenomenal oleh Sang Arsitek RIDWAN KAMIL.

    ReplyDelete
  8. Luar biasa.. ini mahas karya bang

    ReplyDelete
  9. waah kereeen, baca artikel ini berasa lagi jalan-jalan & berada dalem museum ^_^ oiya apa kabar itu museum lan? apa ada yg brubah tata letak/ di modif gt?

    ReplyDelete
  10. ceritanya hidup bgt..udah lama juga ga kesana
    good job..

    ReplyDelete
  11. Iya, ada beberapa fan, kemarin gak salah ada alat-alat peraga yang baru masuk.. lumaya jugalah, museumnya sudah mulai update.. antum datang ke museum tsunami kapan?

    ReplyDelete
  12. @ika mawarni.. sekali-kali berkunjung lagi...

    ReplyDelete
  13. jadi teringat masa lalu waktu hari bencana

    ReplyDelete
  14. makin mantap aja museumnya, gak sedikit juga yg mampir ya,,,,terakhir dateng ke sana waktu bg Haji maher konser lah lan, tahun 2012 :D kalo g salah udah 2 kali kesana .. kalo wisatawan asing banyak juga gak yg dateng?

    ReplyDelete
  15. @anggi.. iya, rasanya memang memilukan kalo mengingat masa itu

    @fadlin.. lumayan fan.. waktu kami datang ada 2 bus besar yang semuanya kewarganegaraan malaysia.. kami sempat bincang-bincang juga sama mereka. lumayanlah, katanya sih mereka ikut terpukul saat melihat foto-foto kejadian tsunami itu.. ada rencana datang lagi gak?

    ReplyDelete
  16. Meseum Tsunami...tempat ini merupakan tempat dimana orang akan mengenang kejadian yang sangat dahsyad, pada kejadian itu saya masih sekolah SMA kelas 2 di meulaboh..masih teringat ketika hari minggu tgl 26 Desesember 2004 jam 8.15 00 pagi hari, diawali dengan gempa yang sangat kuat seakan-akan bumi ini berputar, rumah-rumah roboh dan air lautpun berlahan naik ke daratan seprti menyapu bersih apa yang ada di pinggiran pantai, saya pun menyangka bahwa hari itu kiamat, akan kah saya masih bisa sekoalah lagi (sedih)..padahal esoknya (senin) kami ada perlombaan Cerdas Cermat antar sekolah dan saya salah satu perwakilan dari SMA...yaaah semua itu sudah Kunfayakun nya allah,,ada hikmah dari kejadian ituu...akankah kita semakin dekat kepada allah atau sebaliknya...# momen muhasabah

    ReplyDelete
  17. luar biasa bang budi.. masing-masing orang punya pengalaman yang berbeda-beda tentang datangnya tsunami ini.. kita hanya bisa mengambil ibrah atas apa yang terjadi..

    ReplyDelete
  18. buat pendatang baru di kota banda aceh, mungkin sering mengatakan kalau datang ke banda aceh tidak sah jika belum dtang dan berpose di depan mesjid raya Baiturrahman.
    tp sekarang mungkin pemikiran seperti itu bisa sedikit di renovasi menjadi, "tidak sah datag ke banda aceh, kalau tidak berpose di depan mesjid raya baiturrahman dan didepan museum tsunamai ini," banyak nilai sejarah yg kita bisa dapat dari kedua tempat ini,,

    ReplyDelete
  19. keren keren.. :)
    semanagt bg ruslan..

    ReplyDelete
  20. @fitra .. anda luar biasa..

    @andika.. thanks bro

    ReplyDelete
  21. serasa tidak pernah bosan berkunjung ke Tempat ini. Selalu dapat mengingatan kita betapa Kekuasaan Allah tiada berbanding. (y)

    ReplyDelete
  22. ternyata ada banyak hal yang berubah di museum tsunami setelah beberapa tahun. thanks akhi, jadi kepengen nih main ke Museum yang jarak nya padahal cuma 3 km dari tempat tidur hehe..once more, syukran jazilan info nya yang bermanfaat ini :)

    ReplyDelete
  23. nice.. :) ternyata masih banyak ruangan yg saya lewati.. pingin masuk ke ruangan simulasi gempanya.. :(

    ReplyDelete
  24. hehe.. silahkan dek.. datang aja ke banda aceh

    ReplyDelete
  25. keren artikel nya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  26. wihh pingin ke sana lagi idup banget ceritanya ... (y)

    ReplyDelete
  27. hehehe.. makasih dek. datang aja lagi..

    ReplyDelete
  28. mantap bang.. keren tulisannya. sukses ya.
    aku juga ikutan, mampir balik yow http://mhdharis.wordpress.com/2014/04/27/banda-aceh-punya-situs-objek-wisata-tsunami-yang-wajib-dikunjungi/

    ReplyDelete
  29. oke.. thanks haris.. UDAH di komen balik kok

    ReplyDelete
  30. secara tulisan mantapks adoe, terus berkarya yo ndukkk

    ReplyDelete
  31. Bagus dan sangat kreatif...
    semanka

    ReplyDelete
  32. wawww jadi kepengen rihlah ke sana lagi..

    ReplyDelete
  33. Walaupun sudah baca tp tetap tidak bosan
    salut buat artikel ini

    ReplyDelete
  34. atikelnya mengelitik sampai ke tulang

    ReplyDelete
  35. iyee bg in syaa Allah taun depan maen lagi :D ... yeee!! masik gratis tapi kan :D hha

    ReplyDelete
  36. keren dan sangat bermanfaat bg artikelnya.
    bisa jadi daya tarik ni buat yang belum ke Museum Tsunami Aceh.
    nice banget deh

    ReplyDelete
  37. Masya Allah...
    Mengenang Tsunami Aceh berarti mengenang Hikmah Besar di dalamnya...mengingat kuburan masal di dalamnya semakin meyakinkan kita bahwa hanya Allah tempat kita kembali...

    Faisal Rahman

    ReplyDelete
  38. mantaff buangett.. (Y)
    bsa menarik perhatian buat yg blum pergi museum tsunami..

    ReplyDelete
  39. Faisal rahman.. mantan ketua LDK Al-Hurriyah IPB. Syukran udah komen akh..

    ReplyDelete
  40. Syahrial, Hafizah dan bang Ikhwan.. Mkasih semuanya udah mau mampir

    ReplyDelete
  41. Mantap coretannya gan :D

    Rugi deh klau k bnda aceh nggak singgah ke meseum Tsunami :D

    ReplyDelete
  42. benar sekali aldi. ayo berkunjung ke banda aceh

    ReplyDelete
  43. Museum tsunami menjadi landmark baru di kota Banda Aceh. menurut penulis apakah kedepan Banda Aceh membutuhkan bangunan yang futuristik? atau cukup dengan bangunan sederhana ala bangunan Rumoh Aceh?

    ReplyDelete
  44. Kk paling suka bagian air mengalirnya. Maunya kalau udah lewat balik lagi terus balik lagi, dst di situ-situ aja. Abisnya kereen. Haghag :D

    ReplyDelete
  45. Kk paling suka bagian air mengalirnya. Maunya kalau udah lewat balik lagi terus balik lagi, dst di situ-situ aja. Abisnya kereen. Haghag :D

    ReplyDelete
  46. bang ariel.. menurut saya perlu ada keseimbangan antara keduanya. pengembangan akan bangunan futuristik sangat diperlukan sebagai daya tarik dan hasil dari perdaban yang maju, tapi tetap bangunan-bangunan tradisional harus tetap dilestarikan dan dijaga dengan baik, ini jadi aset untuk banda aceh dan tentunya jadi identitas untuk aceh sendiri...

    ReplyDelete
  47. kak isni. iya kak.. memang waktu jalan disana terasa sensasi yang gimana gitu..

    ReplyDelete
  48. apanya diatas 10 kali. ini mah baru 1 kali wandot

    ReplyDelete
  49. keren-keren....
    wkkwkwkwkkww

    ReplyDelete
  50. makasih.. ngomong-ngomong, pernah ke sana belomm?

    ReplyDelete
  51. gak pernahhhhhh.......
    bruakakakakakakakaka.

    ReplyDelete
  52. mantap!! bermanfaat banget nih artikel. bagi yg belum tau museum tsunami bisa baca disini kali ya :)

    ReplyDelete
  53. Mantap.. lanjutkan..!!!
    Tulisanmu bisa promosiin objek wisata daerah.

    ReplyDelete
  54. oke.. makasih kak udah mampir

    ReplyDelete
  55. Jarak yg jauh membuatku tak bisa ke museum tsunami, makasih info wisatanya mas..

    ReplyDelete
  56. museum yang bisa mengingatkan kita kepada para korban yang tidak lain adalah saudara2 kita sendiri..., nice post bro

    ReplyDelete
  57. yap.. museum tsunami juga menjadi media kita untuk tidak berlaku sombong dimuka bumi,.. thanks udhy

    ReplyDelete
  58. Azizah Uswatun Hasanah30 April 2014 at 06:38

    Excellent!! cerita yang sempurna,,, menggambarkan setiap ruangan dan sudut yang bisa buat ana ingin mampir lagi esok...
    apalgi ruang simulasi gempa.... ingin merasakan... :) :)
    Well done ruslan... (y) (y)
    Lanjutkan!!!

    ReplyDelete
  59. sip bang aku suka ceritanya ,, ;)

    ReplyDelete
  60. Makasih azizah, ntar kita datang rame-rame sama satu unit.. keliatannya keren tu..

    ReplyDelete
  61. Julaekah.. sip makasih sudah mau berkunjung

    ReplyDelete
  62. Fikratun Mumtaz!!!
    ya, sangat menarik.. artikel yang bergambar disertakan dengan tahap'' nya..
    Membuka cakrawala bagi yang membaca...apa lg yg diluar daerah..
    iya, lanjutkan sob...

    ReplyDelete
  63. Ini arnis kan.. hehe, makasih arnis, udah mau repot-repot ngasih komen.. sukran katsir ya

    ReplyDelete
  64. Mumtaz and amazing,artikelnya bagus & sangat bermanfaat...
    Dimana disitu bukan hanya tertera tahap2 penulusuran masuknya tetapi juga pendeskripsian bentuk dari setiap ruangan yg ada,dan itu sangat membantu pengetahuan bagi saudara kita yang dari dalam yg mungkin belum sempat mampir maupun saudara kita yang dari luar daerah terutama sekali..

    ReplyDelete
  65. iya lan, inget juga dulu 2012 ada liat wisatawan dari luar dateng juga ke museum itu, yaaa kalo ditanya kapan gak tau kapan, pastinya pengen kesana lagi, inshaa Allah, doa'i aja ya ada rezki & kesempatan kesana lagiii :)

    ReplyDelete
  66. Iya, insyaAllah fan.. eh, kalo datang kebanda ntar kita pigi sama sama yak? gimana mau kagak?

    ReplyDelete
  67. wow,, sekian lama tinggal banda belum sempat kunjungan kesana,, btw mantap article nya bro :D

    ReplyDelete
  68. ok deh siip gampang tu, sekarang tinggalnya dimana lan? masih tempat yg kemaren?

    ReplyDelete
  69. jika di luar aceh kita ditanya asal darimana dan kita bilang kita orang aceh pasti pertanyaan yng akan menyusul setelahnya adalah "tsunami gimana?" tunjujjan saja bukti keberadaan bangunan ini pada mereka biar mereka paham. jgn lupakan bagian dari sejarah ini.

    ReplyDelete
  70. bang muzakkir.. kemana aje lu bang.. yaudah kapan-kapan kita datang lagi ya

    ReplyDelete
  71. Fadlin. gak fan udah pindah ke lamnyong.., kalo ke banda lagi jangan lupa sms ane ya,, ntar tempat ane tanggung.. hehe. ada rencana kebanda lagi gak?

    ReplyDelete
  72. Fuad si pendekar mulut.. iyalah yang udah keluar kota., hahaha

    ReplyDelete
  73. Semoga museumnya semakin langgeng dan aceh semakin aman tentram :)

    ReplyDelete
  74. untuk saat ini sih belum ada, tapi tenang kalo ada rencana bakal dikabari :) ow lamnyong ya? tetep g tau dimana itu XD hehehe.. nomer hape? masih yg kemaren itu kan?

    ReplyDelete
  75. oke. makasih atas doanya mas!

    ReplyDelete
  76. fadlin.. hehe ntar tau sendiri tempatnya.. 085358481708.. itu nomer ane ya.. btw, tadi ane sedang chat dengan seseorang dan katanya dia fans beratnya bang ifan.. ceileee... hahaha

    ReplyDelete
  77. ajiiip lan...suatu tempat yg bagus untuk ngenang kjadian besar didaratan aceh..bisa jadi kenang-kenangan untuk generasi kedepan skalian buat objek wisata diaceh selain pantai...

    ajiiip dah pokoknya lan...

    ReplyDelete
  78. haha.. maksih abdi.. sering-sering datang ke banda aceh ya

    ReplyDelete
  79. ok siip, save dulu :) hah serius lan? masa aye ada fansnye :O wow, siapa-siapa?? pengen tau XD kasi tau dooong

    ReplyDelete
  80. hahaha... males ah.. katanya dia sempat dapat tanda tanganmu.. dan kata-kata yang paling ane denger itu. dia bilang, bang fadlin itu keren.// serius

    ReplyDelete
  81. owww stop stop, aye udah tau siapa orangnya :D soalnya seumur idup baru kali itu dimintai tanda tangan XD *berasaartis haaaaa,,, cewe kan?

    ReplyDelete
  82. hahaahaha.. cieee dia. ada yang kesem-sem sama ifan.. hayo loe!

    ReplyDelete
  83. Halah lufakan saja XD,, kembali ke topik

    ReplyDelete
  84. iya.. topiknya apa ya? *mikir

    ReplyDelete
  85. itu loh, museum Tsunamiii :)

    ReplyDelete
  86. mantap ! Ruslan mampu mendeskripsikan cerita dg menarik dan bagus, info yg sangat berguna bagi mereka yg blm pergi ke tempat ini. tempat yg bs mengenang peristiwa yg tidak terlupakan yaitu gempa n stunami

    ReplyDelete
  87. iya.. makasih juga aufa udah mau berkunjung

    ReplyDelete
  88. boleh juga ni...tulisan ini menghadirkan museum dalam ingatan dan kenangan yg sudah lewat :) nice writting

    ReplyDelete
  89. Flash back kembali k masa silam.
    Pengunjung jgn hnya terpaku dgn eksotis a museum tsunami,namun jga hrus peka dan mampu mrskan mngapa tsunami itu trjadi.
    Mgknkh teguran Tuhan kpd msyrkat aceh yg sdah mnglami krisis identitas.
    Mari kta smua padat mmbngun kmbali lD msyrakat aceh.
    Trmksh buat penulis.

    ReplyDelete
  90. Thanks buat eka udah mau berkunjung

    ReplyDelete
  91. Alur cerita yang mantap + unik, apalagi disertai dengan visual gambar, sehingga pembaca jadi terinspirasi & meyakinkan... Hasil bidikan gambarnya juga keren. Apa pake camdig?

    ReplyDelete
  92. gak ukh.. pake kamera LSR biasa

    ReplyDelete
  93. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete
  94. Tempat yang bagus :)
    Nice ;)

    ReplyDelete