Wednesday 5 March 2014

Komunitas Blogger UIN Ar-Raniry

Assalamualaikum sobat blogger!

Ngomong-ngomong pernah dengar istilah komunitas belom? oke, kalo belom kita bahas ini dulu, soalnya jadi berabe kalo komunitas aja gak faham apa maksudnya. hehe

Yang pernah saya pelajari dulu, tepatnya waktu SMP, mata pelajaran IPA (Ilmu pengetahuan Alam), Komunitas adalah kumpulan individu-individu yang memiliki tujuan yang sama...

Gimana? udah faham kan, Kalau kumpulan komunitas-komunitas namanya populasi, trus kalo kumpulan populasi-populasi.. itu ane lupa gan.. hehe

So, kenapa dengan komunitas? kenapa saya repot-repot membahasa tentang komunitas. Nah, soalnya ada perbincangan menarik tentang komunitas. Kita bukan membahas komunitas para hewan seperti pada pelajaran IPA waktu saya SMP dulu. Tapi komunitas ini adalah komunitasnya manusia yang memiliki satu tujuan dan satu pergerakan.

Khusus pada kesempatan ini, saya ingin melihat komunitas dari sudut pandang mahasiswa. Tentu sebagai mahasiswa saya merasa bahwa komunitas adalah salah satu wadah untuk melakukan kreasi dan inovasi. Seperti yang saya katakan sebelumnya, komunitas itu mereka yang berjalan satu tujuan. Artinya dengan tujuan yang sama mereka terus melakukan perkembangan.

Dan tak khayal di zaman yang semakin modern ini, muncul berbagai komunitas dengan tujuan berbeda. ada komunitas pecinta sepeda, ada komunitas pecintas MU, ada komunitas penulis, ada komunitas becak dayung dan lain-lain. Semua bersatu padu karena memiliki nasib yang sama, dan mempunyai tujuan yang sama.

Tidak terkecuali sebagai seorang mahasiswa, bergabung bersama komunitas itu menjadi hal yang sangat menguntungkan. Karena saat berada di komunitas kita mendapat pelajaran lebih yang tidak kita dapatkan dalam mata kuliah di universitas. Selain itu, dapat menambah pengalaman dan wawasan serta membangun relasi yang luas. semua itu bisa didapatkan dikomunitas. Mari bergabung di tempat kreasi tanpa batas.

Melihat latar belakang ini pula, kami sebagai mahasiswa merasa perlu membangun sebuah komunitas untuk mereka yang memiliki minat dan bakat yang sama. Dan berikut komunitas yang kami bangun.

KIBAR (Komunitas Blogger UIN Ar-Raniry)

Pada tanggal 23 Desember 2012, Kami yang beranggotakan tiga orang, saya sendiri, chairil dan andika yang merasa memiliki kesamaan, yakni memiliki hobi dalam dunia blogger akhirnya mencetus ide sekaligus memproklamirkan terbentuknya Komunitas Blogger UIN Ar-Raniry yang kemudian disingkat KIBAR.

Menjadi komunitas yang kecil dan seumur jagung tak menyurutkan kami untuk selalu melakukan perbaikan dan perkembangan didunia blog. Saling share dan pelatihan terus kami gencarkan tentunya untuk memberikan yang terbaik untuk kampus tercinta UIN Ar-Raniry.

Dengan visi membangun mahasiwa yang kreatif dan inovatif melalui blog kami mencoba memberikan kotribusi nyata, walaupun pergerakan yang bersifat underground. Memiliki misi menjadi mahasiwa yang kompeten didunia blog dan melakukan pelatihan-pelatihan guna terbentuknya kapasitas dan kapabilitas mahasiwa.

Sejak terbentuknya Komunitas Blogger UIN Ar-Raniry, program unggulannya berupa KOPDAR (Kopi Darat), dimana ajang untuk saling bertukar fikiran dan saling memperbaiki satu sama lain.

Walaupun dalam perkembangannya KIBAR belum menunjukan tajinya di ranah kampus. Tetapi konsep untuk berkontribusi di kampus tetap tertatam kuat. Dan memberikan harapan kepada mereka yang memiliki tujuan dan minat yang sama didunia blog.

13 komentar:

  1. Luar Biasa KIBAR semoga menjadi Pelopor sekaligus menginspirasi mahasiswa UIN Ar Raniry untuk mengembangkan Blog sehingga nantinya bisa mengelola Website.. :D

    Tetap Semangat & Terus Berkarya

    ReplyDelete
  2. KIBAR (Komunitas Blogger UIN Ar-Raniry)
    keren bgt, sukses selalu ya Ruslan :) (Y) yeaaah!!!

    ReplyDelete
  3. Thanks masbro Fadlin Noer... ganbate

    ReplyDelete