Thursday 6 March 2014

Download Kartu Hafalan Mufrodad Versi 1 dan 2

Assalamualaikum

Sobat blogger yang baik hatinya (Gaya Mario teguh)! Udah tau belom apa yang akan saya posting kali ini?

 Belom?

Bagus kalo begitu, jadi akan saya ceritakan sebenarnya apa yang akan saya bahas.

Kalo diatas judulnya Download Kartu Hafalan Mufrodad Versi 1 dan 2. Artinya postingan kali ini ya hanya untuk download, Ya kan!

Eeiits, Tapi sebelum saya kasih link downloadnya.
Kamu tau gak mufrodad itu apa?

Jiah, Mufrodad itu adalah kosa kata dalam bahasa Arab, Vocabulary kalo bahasa inggrisnya.

Lantas untuk apa mufrodadnya? Ya jelas untuk dihafal donk. Karena salah satu syarat menguasai bahasa asing adalah menguasai banyak kosa katanya ya toh. Sehingga menghafal mufrodad untuk menguasai bahasa arab menjadi sangat penting.

Tapi kebanyakan orang merasa males untuk menghafal. Pasalnya ribet dan gak bisa konsisten. Padahal untuk menghafal 10 Mufrodad saja, hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit. Tetapi masalah lainnya lagi. Jikapun sudah hafal dengan sedemikian cepatnya, belum tentu hafalan itu akan bertahan lama. Jadi kuncinya ada pada pemakaian, semakin sering kita menggunakan kata tersebut dalam berbicara maka mufrodad itu akan lengket dikepala, ibarat lem setan yang tak mau lepas... hehe

Saya selaku mahasiswa yang berada dijurusan bahasa arab memandang fenomena ini sebagai fenomena yang memprihatinkan. Sebab jika menghafal saja tidak menarik baginya. Konon lagi dia mau berbicara dengan lancar dengan menggunakan bahasa arab. Saya menemukan indikasi bahwa menghafal mufrodad pada umumnya langsung menggunakan kamus, walaupun ada kamus saku yang ukurannya kecil, namun orang belum tentu konsisten menghafal mufrodad dikamus itu. Ya, soalnya menjadi ribet harus membawa kamus kemana-mana.

Dari analisis itu, saya memutar otak bagaimana sebenarnya menghafal mufrodad secara efektif. Pada satu kesempatan saya teringat, saat saya mengunjungi sebuah toko buku gramedia di bandung, saya melihat sebuah kartu bahasa jepang, yang disetiap kartunya bertulisakan huruf kanji. Dan saat saya berada di salah satu toko buku yang ada dikawasan banda aceh, saya sempat membeli kamus saku bahasa jepang. Yang terdiri dari 157 Halaman. Dan setiap halamannya terdiri dari 10 Kata. Dan kamus saku itu digunakan untuk hafalan harian.

So, udah jelas donk. Dari dua kejadian itu terfikir dibenak saya untuk mendesign sebuah kartu hafalan harian. Kenapa kartu, karena ringan dan mudah disimpan dimana saja. Sehingga dalam keadaan apa saja kita tetap bisa menghafal mufrodad.

Cara Penggunaan

Kartu hafalan ini terdiri dari 10 Mufrodad, 5 Isim (Kata benda) dan 5 Fi'il ( Kata kerja). Hafalkan setiap harinya satu kartu. Artinya sehari kita hanya menghafal 10 Mufrodad baru. Untuk lebih menguatkan lagi, mintalah teman anda untuk mendengar kelancaran hafalan anda.

Untuk lebih mengefesienkan apa yang telah dihafal. Masukkanlah mufrodad-mufrodad itu dalam sebuah kalimat, sehingga kita tidak mudah lupa. Dan perbanyaklah berbicara dengan mufrodad yang baru saja dihafal.

Dan jangan lupa lakukan ini setiap hari. Bisa anda bayangkan jika sehari saja bisa 10 Mufrodad maka dalam 100 hari/3 bulan 10 hari kita sudah dapat menghafal 1000 Mufrodad baru.

Sekedar Tambahan

Kartu yang saya desain ini, untuk sementara hanya sampai pada versi ke 2. InsyaAllah akan ada versi-versi selanjutnya. Dimana setiap Versi terdapat delapan kartu didalam kertas ukuran F4. Setelah selesai mendownload anda bisa langsung mencetaknya. so, Tunggu apa lagi.

Mari mengafal, Karena menghafal itu seru.

Berikut File JPEG nya.

Kartu Hafalan Mufrodad Versi 1
















Kartu Hafalan Mufrodad Versi 2
















Kartu Hafalan Mufrodad Versi 1 dan 2 Format CDR
Download disini

Terima kasih telah berkunjung. Jika ini bermanfaat, luangkan waktu anda untuk komen dibawah.

2 komentar:

  1. mantab gan......
    tp syang yg gk pnyak corel bro, bisa ke gigit anjing
    hahah

    one again link download jgn di alihkan blog antum buat open new tab ja biar gk di tinggal blognya

    ReplyDelete
  2. oke, thanks masukannya gan

    ReplyDelete