Tuesday 26 March 2013

Belajar Fungsi Transperancy

 Assalamualaikum Sobat Blogger

Wah sudah lama saya tidak poting nih. Kira-kira udah vakum lebih dari 3 Bulan. Nah kini saatnya saya nulis lagi

Baik kali ini saya juga akan membahas seputar dasar-dasar bermain Corel Draw X5.

Dan jika anda sudah banyak belajar dari tutorial saya sebelumnya, maka ini adalah tutorial yang akan semakin melengkapi pengetahuan anda tentang CorelDraw.

Baik , Disini saya akan membahas tentang Transperancy. Nah Transperancy adalah salah satu efek yang ada dalam Coreldraw fungsinya adalah mentransparankan objek, sehingga objek terkadang terlihat lebih menarik. Baik langsung saja.

- Buka CorelDraw anda dan buatnya sebuah objek persegi dengan menggunakan Rectangle tool










- Beri warna Objek persegi tersebut. Contoh pada gambar saya beri warna merah









- Buat objek persegi panjang, masih menggunakan Rectangle tool dengan posisi berada dalam Objek Sebelumnya








- Beri warna objek yang baru anda buat , Contoh pada gambar saya beri warna kuning.









- Langkah berikutnya, Seleksi objek persegi panjang










- Kemudian Pada bagian kanan terdapat sejumlah Tool box, Pilih Blend tool, Kemudian Klik tahan Blend tool, maka akan muncul option yang lain. Kemudian pilih Trancperancy (Urutan paling bawah)







- Dan jika anda sudah memilih Transperancy, maka pada bagian atas (Dibawah menu utama) terdapat beberapa menu Transperancy, salah satunya adalah beberapa jenis tranperancy. Dan dalam tampilan normal, Jenis transperancy yang dipilih masih none.













- Untuk mengganti jenis transperancy, silahkan pilih jenis transperancy yang anda sukai. Contoh Jenis Transperancy yang saya pilih adalah Uniform.















- Maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut.










- Untuk selanjutnya silahkan pilih jenis berikutnya, Linear
















- Maka hasilnya akan seperti ini










- Pilih jenis beikutnya, Radial
















- Dan hasilnya pun akan seperti ini










- Berikutnya adalah jenis Conical
















- Maka hasilnya akan seperti ini










- Dan yang berikutnya adalah Square
















- Dan hasilnya akan seperti pada gambar disamping. Dan kemudian anda bisa mencoba fungsi berikutnya. Sebab saya  memberikan contoh hanya sampai disini, untuk contoh berikutnya anda bisa mencobanya sendiri.








- Dan untuk gambar disamping adalah jenis linear, namun garis Transperancynya ditarik secara manual, anda bisa memperaktekannya sendiri.

 Oke, Terima kasih Telah mlihat tutorial ini, Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment