Monday 2 March 2015

Tipe-tipe Logo

Mendesain logo adalah sebuah kreatifitas, tentunya tidak sembarangan orang mampu mendesain logo yang bagus dan bernilai filosofi. Walapun begitu tentu semua itu bisa dipelajari. Dan langkah dasar yang perlu diketahui untuk mendesain sebuah logo adalah dengan mengetahui tipe-tipe logo. sebab ternyata logo memiliki tipe-tipe yang berbeda. Dan tentu masing-masingnya memiliki ciri khas yang berbeda pula. Dan berikut tipe-tipe logo tersebut:

1. Brand Mark
Yakni logo yang di desain dengan ciri khas khusus baik secara acak maupun terstruktur dan tanpa menggunakan kata. Logo ini biasanya melambangkan perusahaan/organisasi dan juga merepresentasikan visi dan misi perusahaan/organisasi tersebut. Kebanyakan dari tipe ini lebih terlihat simpel daripada tipe-tipe yang lainnya. Contohnya :

Logo Mitsubishi
Logo Android
2. Word Mark
Adalah tipe logo yang khusus menggunakan kata. Logo ini lebih sering digunakan karena mempunyai efektifitas yang tinggi. Karena selain juga berfungsi sebagai brand dapat juga berfungsi sebagai pengingat nama sebuah produk ataupun perusahaan. Jenis katanya sendiri diambil berdasarkan Nama Seseorang, Singkatan, dan Istilah-istilah tertentu. Contohnya logo tipe Word Mark :
Logo Disney
Logo Fedex
3. Letter Mark
Logo tipe ini hampir mirip dengan logo tipe Word Mark. Akan tetap ciri khusus dari logo ini adalah modifikasi desain pada 'kata'nya. Jika dibandingkan lagi dengan Word Mark yang hanya menggunakan 'kata' secara utuh tanpa melakukan modifikasi yang banyak, maka Letter Mark adalah sebaliknya. Logo tipe ini lebih terlihat dinamis karena karena terdapat kreatifitas perpaduan kata yang tidak monoton. Dan berikut contohnya:

Logo Ebay
Logo Exxon Mobil
4. Combo Mark
Combo Mark adalah perpaduan antara Brand Mark dan Word Mark. Artinya dalam sebuah logo selain memiliki sebuah brand khusus namun juga terdapat kata-kata yang menjelaskan brand tersebut. Combo Mark sendiri merupakan tipe logo yang lumayan sulit, karena harus memadukan dua unsur sekaligus dalam satu kesatuan. Contohnya :

Logo Garuda Indonesia
Logo Chelsea FC

5. Emblem
Logo tipe ini berfokus pada modifikasi huruf dengan beragam variasi. Jika Word Mark dan Letter Mark menggunakan kata sebagai simbolnya, maka sekali lagi kebanyakan tipe emblem menggunakan huruf. Tentu huruf yang dimaksudkan untuk menunjukan nama produk atau perusahaan. Contoh :

Logo Blogger
Logo Facebook
Dan itulah ke lima tipe logo. Semoga bermanfaat!

3 komentar:

  1. logo juga punya nama toh,, yang paling ringkas tipe emblem cuma huruf doang tapi buat logo juga gak gampang

    ReplyDelete
  2. Logos show up in those gigantic organization signs roosted on streets and boulevards, or on low goals PC screens in the workplaces. You can likewise discover the logos imprinted on the sides of organization vans in expanded structure. They might be found on the organization checks. logo design service

    ReplyDelete