Friday 19 September 2014

10 Situs Referensi Warna Untuk Desainer Grafis

Pemilihan warna mungkin agak sulit bagi sebagian desainer grafis. Belum lagi harus mencocokkannya dengan tema yang akan diangkat.

Ribet, pusing, dan pastinya menguras tenaga. Mereka yang baru terjun ke dunia grafis mungkin akan mewanti-wanti kondisi ini. Sehingga banyak dari pemula yang memutuskan untuk mundur dari dunia yang penuh warna tersebut.

" Warna yang cocok dengan hijau apaan ya?", " Lho, kamu kok pakenya warna merah biru?, itu gak mecing bro!.

Banyak contoh-contoh lain yang mungkin menjadi kondisi para desainer grafis saat memilih warna. Ada sebagian yang merasa santai-santai saja, seolah warna yang dipake bisa apa saja.

Tapi ada pula yang perfeksionis, harus mengedepankan warna yang indah dan sedap dipandang. Walaupun desainnya sederhana.

Saya sepakat bahwa warna menjadi ruh bagi sebuah karya. Apalagi bagi seorang desainer grafis, pemilihan warna yang tepat artinya 70 % dari kesusksesan sebuah karya. Banyak cara agar kita bisa menguasai beragam perpaduan warna, tapi buat mudahnya. berikut adalah 10 Situs Referensi Warna Untuk Desainer Grafis. Langsung saja ke TKP.

1. Color Scheme Designer

Pada intinya tools ini memberikan kemudahan pada kita untuk membuat kombinasi warna yang pas dengan hanya menggeser mouse. Kombinasi warna yang dihasilkan lumayan bagus, tapi tentu saja harus dipilih lagi sesuai kebutuhan.


Pada web ini kita tidak bisa membuat kombinasi warna secara interaktif, tetapi web ini menyediakan beberapa kombinasi warna menarik yang telah dibuat oleh para member. Disini kita dapat ng-search kombinasi warna yang diinginkan misal “green”, “dark”, de el el



Website ini menjadi populer diantara lainnya karena memang didominasi oleh para desainer grafis dari komunitas photoshop yang bisa diakses secara langsung menggunakan beberapa software adobe. Selain populer, pilihan template yang banyak membuat website ini juga digemari. Cara memakainya juga lumayan gampang. Ketersediaan komunitas pengguna kuler ini sebanding dengan akses websitenya yang agak lemot berbasis flash apps.


 4.Aviary

Pengoperasian website ini dipilah-pilah dengan beberapa kategori untuk akses page yang cepat dan mudah. Tampilannya yang cerah membuatnya enak dipandang dan tentu saja akan mudah mengoperasikannya demi kepentingan karya desain kita.




Hal tersulit dalam mendesain sebuah web adalah memilih warna. Namun saat ini banyak alat bantu dalam pemilihan warna. Kita tidak lagi repot memilih tema warna untuk gambar tertentu menggunakan pictaculous. Pertama siapkan gambar sebagai sample warna pantone . Menggunakan pictacuulous cukup handy yang didalamnya ada pancuan warna dan langsung disambungkan dengan saran dari kuler dan colourlovers. Sekilas dapat dirangkum sebagai berikut.

- Pertama buka situs pictaculous dari browser Anda
- browse gambar sample
- klik tombol get my palette.
- Setelah proses selesai scroll ke bawah, akan tampil palette kita dan beberapa saran warna dari kuler dan dari colour lovers sang inspirator





Pencarian warna adalah spesialisasinya.



Website khusus warna yang dinamai colorcombos ini menyertakan hasil warna labs nya dengan menuliskan sebagai combo atau combos. Layak dicoba, karena warna-warna yang dipilihkannya adalah warna cerah yang biasa kita jumpai di halaman website.


8. Colr

Colr adalah pendatang baru untuk urusan warna. Namun, ada satu fasilitas penting disini yaitu pemilihan warna fetch atau grab dari warna website terkenal seperti yahoo, reddit atau website lainnya yang sudah ada di internet. Cara ini seperti mengambil sample dari situs desain atau situs grafis desain yang sudah ada. Lebih gampang dilihat hasilnya.



Sesuai dengan namanya, website ini memang spesial dibidang pantone menggunakan geo system akurat. Saya mengatakan akurat karena ada beberapa pakar warna yang tersusun dalam catalog warna adalah seni plus ilmu perhitungan terutama situs ini menyediakan opsi ORIGINAL PANTONE MATCHING SYSTEM. Nah kita bisa coba situs ini jika menginginkan tampilan pantone senada alias tidak norak.




Color scheme yang banyak diminati oleh para desainer grafis juga dilirik oleh website ini. Walaupun masih baru akses ke situs desain ini bisa menjadi pilihan untuk mencari warna. Bisa download scheme dengan ekstensi dari software desain seperti AI dan photoshop juga lainnya.


Oke, itu dia 10 Situs Referensi Warna Untuk Desainer Grafis , semoga bermanfaat ya.


0 komentar

Post a Comment