Thursday 31 July 2014

6 Aplikasi Populer Pendukung Twitter

Dalam beberapa dekade terakhir, social network atau jejaring sosial begitu menjamur didunia maya. Berbagai situs jejaring sosial pun sudah semakin populer, sebut saja twitter. Jejarig sosial yang dipelopori oleh jack dorsey dkk ini sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif.

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet.Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.

Selain itu tahukah anda, ternyata ada beberapa aplikasi pendukung twitter yang populer saat ini. Antara lain:


 

TweetDeck adalah aplikasi panel kontrol  untuk pengelolaan akun Twitter. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima tweets dan melihat profil. 



Aplikasi yang satu ini memungkinkan kita untuk menampilkan kicauan atau tweet dalam bentuk tampilan menarik. Penggunaannya sangat mudah, cukup dengan memasukan kata kunci,nama akun, atau hashtag tweet. Maka secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan tweet-tweet yang sesuai dengan kata kunci tersebut.



Kalau yang ini pasti sudah pada tahukan. Ya, aplikasi twitter yang khusus untuk mengupload gambar. Untuk log in di situs ini, anda cukup memasukan akun twitter anda. 



Twibbon adalah salah satu aplikasi pendukung twitter yang menempelkan gambar di foto profil anda. Aplikasi ini digunakan juga untuk menkampanyekan sesuatu. Sama dengan situs-situs pendukung twitter lain, anda cukup memasuki web dengan akun yang anda miliki. Setelah itu pilih gambar yang menarik ( jika anda salah satu simpatisan dalam sebuah lembaga) maka otomatis foto profil anda akan ditempelkan gambar yang anda pilih tersebut.



Bagi anda yang merasa kurang puas dalam menuliskan tweet yang terbatas hanya 140 karakter. Mungkin aplikasi ini menjadi salah satu solusinya. Twit Longer memungkinkan anda untuk menuliskan tweet yang lebih panjang dari biasanya.



Nah, solusi lain jika anda ingin menuliskan tweet yang panjang ya disini. Chirpstory digunakan untuk menuliskan beberapa buah tweet yang disertai dengan judul.

Sebenarnya masih banyak aplikasi pendukung lainnya. Namun Aplikasi-aplikasi diatas adalah aplikasi yang paling sering digunakan.

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. di PC rumah cuma instal TweetDeck doank, soalnya gk begitu aktif twitteran.. :D. .tapi lumayan lah buat nambah info.. :)

    ReplyDelete